Sabtu, 18 Juni 2011

Mengapa bayi mengalami demam?

Pada saat bayi pertama kali mengalami demam, mungkin anda akan merasa gelisah. Hal ini berarti sistem kekebalan tubuh bayi anda sedang memerangi infeksi. Ketika bayi Anda menjadi sakit karena adanya virus atau bakteri, tubuhnya merespon dengan meningkatkan suhu badannya.

Kapan saya harus memanggil dokter?

Sampai bayi Anda mencapai usia 3-bulan, Anda harus selalu mencari saran medis apabila:
• bayi Anda memiliki suhu badan lebih tinggi dari 100,4 derajat Fahrenheit (38 derajat Celcius).
• bayi Anda terlihat pucat atau lesu, atau tidak memiliki nafsu makan, atau dengan perilaku dan kondisi yang mengkhawatirkan anda.

Bila Anda memanggil dokter, penting untuk memberitahu bagaimana suhu badan bayi anda menjadi tinggi, bagaimana Anda akan menghabiskan waktu, dan gejala lain bayi Anda alami. Berdasarkan informasi ini, dokter Anda akan membantu Anda menentukan seberapa serius bayi demam dan saran apakah itu aman untuk memberikan obat kepadanya. Pastikan untuk tidak memberikan obat sebelum Anda konsultasi dengan seorang dokter karena dapat membahayakan bayi jika memberikan dosis yang salah, sehingga sulit bagi dokter untuk memberikan perawatan yang tepat. Jika demam lebih tinggi dari 100,4 derajat, dokter akan meminta Anda untuk membawa bayi ke Rumah Sakit untuk diperiksa dan dirawat.

Bagaimana caranya agar bayi saya lebih nyaman?

• Untuk menurunkan panas suhu badannya, lap atau kompres dengan air hangat-hangat kuku untuk sekitar lima sampai sepuluh menit. Ini akan mengurangi suhu tubuhnya dengan menguapnya air dari kulit. Hindari mandi dingin, yang dapat menyebabkan bayi Anda menggigil, yang akan meningkatkan suhu tubuh lebih tinggi.
• Menyusui secara teratur dan memberikan makanan ekstra untuk membantu mencegah dehidrasi.
• Jika dokter merekomendasikan itu, berikan bayi Anda obat yang sesuai dosis acetaminophen.
• Jangan pernah mencoba untuk mendinginkan suhu badan dengan cara menggosokan alkohol pada kulit, karena dapat diserap ke dalam darahnya dan menyebabkan serangan atau masalah serius lainnya.
Selengkapnya...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar