Sabtu, 18 Juni 2011

3 pertanyaan tentang Mengurangi risiko SIDS

Apa itu SIDS?

Sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Itu terjadi ketika seorang bayi di bawah 1 tahun dan mati secara tiba-tiba tanpa ada tanda-tanda, biasanya saat tidur.

Perlukah untuk cemas ?

Walaupun SIDS adalah yang menyebabkan kematian di kalangan bayi antara 1 bulan dan 1 tahun, namun kasusnya masih jarang terjadi. Perbandingan penderita SIDS adalah 1 : 2500 bayi dalam setahun, atau kurang dari 1: 1000 kasus/tahun dan biasanya antara usia 2 sampai 4 bulan. Tidak ada seorangpun yang tahu persis apa penyebab SIDS, namun faktor yang dapat meningkatkan resiko:

• Orangtua atau anggota keluarga ada yang merokok
• Bayi tidur dengan posisi telungkup atau wajah menghadap kasur
• Bayi lahir sebelum waktunya
• Berat bayi saat lahir rendah
• Tidur pada permukaan yang terlalu lunak
• Suhu yang terlalu panas saat tidur

Bagaimana bisa mengurangi risiko bayi saya?

Bayi selalu tidur diatas punggungnya. Pada tahun 1992 dokter anak dan peneliti SIDS menyarankan posisi tidur dengan posisi tsb,dan hasilnya sangat mencengangkan, tingkat kematian SIDS turun 50 persen. Bahkan meletakkan bayi Anda tidur miring tidak dianjurkan. Dengan ayunan atau, tempat tidur dari bantal, mainan lunak, dan besar, yang bisa menyebabkan muka bayi tertutup dan mempengaruhi dia bernapas. Jauhkan bayi anda dengan kondisi kepala terbuka. Pastikan suhu ruangan (sekitar 65 derajat Fahrenheit), terutama jika anda membedung bayi Anda.

Jangan memakai baju berlebihan, pakailah pakaian seperlunya saat dia tidur. Para ahli menyarankan tidur seranjang dengan bayi selama awal bulan dengan menggunakan alas yang lembut akan sangat beresiko. Sebagian besar orang percaya bahwa tidur seranjang akan mudah mengawasi keadaan dan gerak dari bayi. Jika Anda tidur bersama, pindahkan selimut yang lembek atau lunak dan pastikan kasur yang digunakan agak keras.

Jangan merokok di sekitar bayi Anda dan menjauhkan dia dari orang-orang yang merokok. Mungkin saja dengan menyusui bayi Anda dan memberikan sebuah kenyamanan selama dia tidur, dapat menurunkan resiko SIDS, tetapi penelitian lebih lanjut juga diperlukan untuk memastikan hal tersebut.

Simak juga : Aneka resep makanan bayi

Selengkapnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar