Sabtu, 18 Juni 2011

3 pertanyaan tentang sakit perut

Apakah sakit perut itu?

Sakit perut ditandai dengan bayi menangis keras. Ada tanggapan sakit ini mencapai antara 10 sampai 25 persen bayi di bawah usia 3 bulan. Semua bayi menangis dalam waktu tiga bulan pertama dari kelahiran dengan waktu yang berbeda dan sakit perut berbeda. Beberapa dokter menentukan dengan urutan :
- tiga jam menangis sekaligus
- setidaknya tiga kali seminggu

setidaknya tiga bulan berturut-turut - biasanya dimulai antara minggu ketiga dan keenam kelahiran. Sakit perut sering datang tiba-tiba di malam hari. Banyak bayi akan berteriak dengan keras, tidak dapat menenangkan, memukulkan tangan dan menjejakkan kaki mereka. Setiap bayi akan berbeda, namun biasanya sakit perut akan berangsur menghilang dalam waktu sekitar 3 bulan.

Apa penyebab sakit perut?

Tak pasti. Beberapa orang berteori karena sistem pencernaan bayi yang belum dewasa atau alergi makanan. Yang lain percaya, mungkin juga disebabkan bayi dalam keadaan kalut atau bayi dengan tabiatnya yang menyebabkan kelebihan rangsangan . Walaupun sakit perut bisa membuat orang tua merasa bersalah dan tak berdaya, itu hanya sementara dan tak ada tanda masalah jangka panjang.

Apa yang bisa saya lakukan dengan sakit perut?

Setiap bayi berbeda penanganannya, sehingga Anda mungkin perlu mencoba dengan beberapa teknik untuk menemukan apa yang terbaik bagi bayi Anda.

Berikut adalah beberapa saran:
- Coba untuk membuat sebuah lingkungan yang tenang dengan meniru apa yang terjadi dalam kandungan: terlindung, hangat, dan tenang.
- Membedung bayi Anda dengan kuat dalam selimut. Mengayunkan dia di lengan atau di goyang dalam ayunan. Beberapa sakit perut bayi dapat ditenangkan dengan suara yang berulang, seperti ruang hampa udara, pencuci piring, pengering pakaian, atau kebisingan mesin, semua yang mungkin mengingatkan pada suara internal didalam kandungan. Atau menggabungkan suara dan gerakan dengan naik mobil.
- Ide lainnya : mandi air hangat, botol diisi air hangat atau handuk hangat diletakkan di perut bayi Anda (pastikan suhu yang nyaman pada kulitnya).
- Beberapa orang tua melaporkan bahwa sakit perut pada bayi mereka membaik dengan obat yang disebut simethicone, yang dapat mengurangi gas pada usus.

Mendengar bayi menangis dapat menyebabkan frustasi dan melelahkan. Mungkin anda perlu seseorang yang membantu menjaga dan merawat bayi. Segera hubungi dokter jika mendengar bayi menangis dengan keras dan terlihat kesakitan, jika bayi Anda tidak bertambah berat badannya dalam jangka waktu lama, jika bayi anda demam, atau jika gejala mulas perut lebih dari umur 3 tahun, dimungkinkan ada tanda-tanda dari masalah kesehatan.

Simak juga : resep makanan bayi


Selengkapnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar